Firefox OS, Mozilla menamainya sebagai proyek B2G (Boot2Gecko)


Pasar sistem operasi mobile tampaknya akan semakin ramai dengan kehadiran Firefox OS yang akan dirilis paling lambat tahun 2013 nanti oleh Mozilla. Kehadiran Firefox OS ini akan menjadi lawan tangguh Apple iOS dan Google Android di pasar smartphone mulai tahun depan dan membuat pasar mobile semakin panas. Sebelum dinamai Firefox OS, Mozilla menamainya sebagai proyek B2G (Boot2Gecko) yang bertujuan untuk menyediakan alternatif sistem operasi mobile yang benar-benar terbuka.

Nama Gecko sendiri mengacu nama mesin rendering yang digunakan oleh browser Mozilla Firefox yang juga digunakan untuk membangun Firefox OS. Dan baru saja ditest OS mobilenya pada Samsung Galaxy S II. Boot 2 Gecko OS dibuat berdasarkan Linux, dan Mozilla telah mengembangkan berbagai API untuk fungsi-fungsi seperti dialer telepon, kamera, dan grafis 3D. PengembangAPI dapat memanfaatkan mereka untuk membuat interface dan aplikasi. Bukti dari konsep yang kami lihat adalahhanya sebuah contoh dari interface tersebut, tapi karena Boot 2 Gecko sepenuhnya open source, operator dan produsen perangkat bisa memiliki source tersebut dengan free.
Mozilla telah bermitra dengan operator Telefonica Eropa untuk menempatkan Boot 2 Gecko pada perangkatpengiriman, meskipun pengguna interface Telefonica adalah berbeda dari apa yang ditunjukkan kepada kamioleh Mozilla. Karena Itulah kurang lebih titik Boot 2 Gecko: menggunakan standar web, dapat disesuaikan sesuai keinginan kita. Mozilla memiliki pengumuman racangan untuk masa depan, termasuk operator lain dan produsen. Mungkin ada beberapa waktu ketika Anda memiliki 2 Boot Gecko mobile OS phone di tangan Anda,tetapi Anda mungkin hanya tidak tahu itu.
Video terkait :